• Our Partners:

FIX! Windows 11 Energy Saver Gantikan Battery Saver

Beberapa bulan kemarin Microsoft memperkenalkan kepada kita fitur baru untuk menghemat konsumsi baterai dengan Energi Saver, di mana membuat banyak pengguna bingung.

Mengapa demikian? Pasalnya Energi Saver dikatakan memiliki fungsi yang mirip dengan Battery Saver yang telah ada sebelumnya di Windows 11.

Saat awal peluncurannya Microsoft konsisten menjelaskan bahwa kedua fitur ini memiliki fungsi yang jelas berbeda, namun banyak pengguna yang tidak menghiraukannya.

Setelah akhirnya beberapa bulan dirilis, tepatnya di awal bulan Agustus ini Microsoft mengatakan bahwa Energy Saver secara resmi akan menggantikan Battery Saver.

Lantas apa sih yang membuat Energy Saver lebih baik dari Battery Saver? Padahal fiturnya mampu menekan konsumsi daya hingga 20% lebih hemat lho.

Ternyata kelebihan Energy Saver terletak di fiturnya, saat Battery Saver bisa berjalan otomatis/manual aktif ketika baterai mulai menurun. Energy Saver bisa aktif kapan saja pengguna mau.

FIX! Windows 11 Energy Saver Gantikan Battery Saver
Battery Saver vs Energy Saver

Energy Saver bisa aktif bahkan ketika perangkat tercolok ke aliran listrik atau sedang mengisi daya. Sedangkan Battery Saver hanya akan aktif ketika persentase baterai di 20%.

Sayangnya, Energy Saver hanya bisa digunakan untuk pengguna Windows 11 saja yang mana pengguna Windows 10 tetap masih akan menggunakan Battery Saver.

Akan tetapi tenang saja, kedua aplikasi ini meskipun berbeda memiliki kemampuan yang hampir sama, di mana mampu memblokir Background Apps yang sedang berjalan.

“Energy saver offers more control and can be turned on anytime, even when plugged in. It also reduces screen brightness by 30%, blocks most background apps, and disables transparency effects in windows.

While Energy Saver works even when the device is being charged, you cannot change the power mode in Windows Settings. If you want to change the power mode between Performance, Battery or Energy efficient, you’ll need to turn off the Energy Saver, or the options will be greyed out.

Energy Saver provides more options and is clearly better than the existing implementation of the Battery saver.”

Bagaimana menurutmu? Kamu tim Battery Saver atau Energy Saver? Komen di bawah yaa.

Editor: Hudalil Mustakim

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Hudalil Mustakim

Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments