• Our Partners:

10 Daftar Printer Terbaik yang Paling Direkomendasikan untuk Mencetak Foto

Di antara berbagai printer yang beredar di pasar, banyak diantaranya yang mampu mencetak foto berkualitas tinggi. Sebagian dari printer-printer tersebut ada yang didedikasikan untuk mencetak foto dan ada pula yang masuk dalam tipe All in One (AIO) dengan fitur-fitur ekstra yang memudahkan pengguna dalam mencetak foto.

Printer yang didedikasikan untuk mencetak foto, yang biasanya disebut printer foto, rata-rata menggunakan lebih dari empat warna. Jadi tidak mengherankan kalau harga printer dan biaya cetaknya lebih tinggi.

Karena bujet seringkali menjadi penghalang, banyak konsumen yang lebih memilih printer empat warna tetapi dengan kemampuan mencetak foto yang tidak mengecewakan.

Daftar Printer Terbaik untuk Mencetak Foto

Pada daftar berikut ini, ada printer yang ditujukan untuk mencetak foto dalam ukuran besar, printer enam warna yang bisa diandalkan untuk menghasilkan foto yang kualitasnya menawan, printer empat warna yang lebih cepat dalam mencetak foto 4R, dan sebagainya. Semuanya adalah pilihan terbaik yang layak untuk dimiliki.

1. Printer Epson EcoTank L1250

Printer Epson EcoTank L1250

Bodinya yang ringkas dan opsi konektivitasnya yang mendukung Wi-Fi membuat Epson EcoTank L1250 mudah ditempatkan di mana saja di dalam ruangan. Ada empat tangki di bagian depannya. Masing-masing tangki menyimpan satu warna tinta dan mudah diisi ulang.

Salah satu printer terbaik untuk mencetak foto ini mendukung borderless printing hingga ukuran 4R. Satu lembar foto borderless ukuran 4R bisa dicetak dalam waktu kurang lebih 90 detik, sedangkan satu lembar foto berukuran sama yang menyertakan batas tepi membutuhkan waktu cetak selama sekitar 69 detik.

2. Printer Epson L805

Printer Epson L805

Epson L805 menggunakan enam tinta untuk menghasilkan kualitas foto yang lebih baik. Selain empat tinta warna yang umum digunakan (Cyan, Magenta, Yellow, Black), ada dua warna tambahan yang meliputi Light Cyan dan Light Magenta. Keenam tinta ini bisa menghasilkan hingga 1800 foto 4R.

Hanya dalam waktu sekitar 27 detik, printer seberat 6 kg ini bisa memproduksi satu lembar foto borderless berukuran 10 x 15 cm yang dicetak pada kertas Epson Premium Glossy Photo Paper.

3. Printer Epson EcoTank L3150

Printer Epson EcoTank L3150

Epson EcoTank L3150 menawarkan solusi pencetakan foto borderless beresolusi tinggi yang hemat biaya. Kecepatan cetak fotonya yaitu sekitar 90 detik per foto 4R. Untuk foto 4R yang menyertakan garis tepi, estimasi waktu cetaknya adalah 69 detik.

Selain dari PC, pencetakan foto juga bisa dilakukan langsung dari HP. Caranya yaitu dengan menginstal aplikasi Epson iPrint yang merupakan bagian dari fitur Epson Connect.

Dengan memanfaatkan fitur Wi-Fi Direct, foto bisa tetap dicetak meski jaringan Wi-Fi sedang bermasalah.

4. Printer Epson EcoTank L3210

Printer Epson EcoTank L3210

Bujet terbatas tapi ingin punya printer modern yang bisa mencetak foto beresolusi tinggi sekaligus memindai dan memfotokopi dokumen? Barangkali Epson EcoTank L3210 adalah printer yang bisa memenuhi keinginan anda.

Printer yang terlihat elegan ini bisa mencetak foto beresolusi hingga 5760 x 1440 dpi dengan tepian maupun tanpa tepian (borderless) dengan selisih kecepatan yang tidak jauh. Akan tetapi, pencetakan borderless hanya didukung hingga ukuran 4R.

5. Printer Epson L1800

Printer Epson L1800

Epson L1800 adalah printer tanpa scanner yang dirancang secara spesifik untuk mencetak foto di atas media cetak hingga ukuran A3+ (329 x 483 mm). Jumlah tinta yang digunakan sebanyak enam botol dengan warna yang berbeda-beda.

Dengan mengandalkan print head inovatif yang menggunakan 540 nozzle, selembar foto borderless berukuran 4 x 6 inci bisa keluar dari printer dalam waktu sekitar 45 detik dengan kualitas cetak yang tidak mengecewakan.

6. Printer Epson L3250

Printer Epson L3250

Dengan menggunakan Epson L3250, mencetak foto tidak lagi harus melalui PC. Foto yang baru saja diambil melalui kamera HP bisa langsung dikirim ke printer untuk dicetak.

Untuk foto-foto yang ukurannya tidak lebih besar dari 4 x 6 inci, printer AIO ini bisa mencetak semua foto tersebut tanpa tepian. Memang dibutuhkan lebih banyak tinta untuk mencetaknya, tetapi foto borderless pada umumnya terlihat lebih menarik daripada foto yang ada margin putih disekelilingnya.

7. Printer Epson EcoTank L5290

Printer Epson EcoTank L5290

Epson EcoTank L5290 adalah pilihan rekomendasi untuk siapa saja yang membutuhkan printer bisnis dengan kemampuan cetak foto yang handal. Berbeda dengan semua printer lain di dalam daftar printer terbaik ini, Epson L5290 dilengkapi dengan fitur Automatic Document Feeder (ADF) dan fax.

Untuk memudahkan penggunaan printer dalam mencetak foto dan dokumen, tersedia panel kontrol di bagian depan, lengkap dengan sebuah layar LCD warna berukuran 1,44 inci.

8. Printer Epson L365

Printer Epson L365

Salah satu teknologi inovatif Epson adalah Variable-Sized Droplet Technology (VSDT), dan teknologi ini bisa dijumpai pada Epson L365. Fungsinya yaitu untuk mengatur ukuran tetes tinta yang dikeluarkan oleh setiap nozzle pada print head.

Besar kecilnya ukuran tetes tinta tersebut ditentukan dari kompleksitas gambar yang dicetak agar setiap detail yang ada bisa dihadirkan dengan baik di atas kertas foto.

9. Printer Epson L350

Printer Pencetak Foto Epson L350

Epson L350 dibekali dengan print head yang mampu menyemprotkan ribuan tetes tinta sehalus 3 picoliter. Berkat kemampuan tersebut, polesan-polesan gradasi warna pada foto bisa tercetak dengan baik asalkan media cetak yang digunakan adalah media yang memang ditujukan untuk cetak foto, misalnya Epson Premium Glossy Photo Paper.

Untuk semakin meningkatkan kualitas hasil cetak, printer ini hadir beserta dengan Epson Photo Print yang merupakan sebuah software untuk mengedit foto sebelum memulai pencetakan.

10. Printer Epson L8050

Printer Epson L8050

Epson L8050 merupakan kombinasi antara kualitas dan produktivitas. Kualitas cetak fotonya berasal dari enam warna tinta and print head yang mumpuni, sedangkan aspek produktivitasnya didukung oleh kecepatan cetaknya yang memungkinkan selembar foto borderless ukuran 4R dicetak dalam waktu sekitar 25 detik saja.

Yang juga menarik, media cetak yang didukung tidak hanya berupa kertas. Mencetak pada kepingan CD atau DVD pun bisa dilakukan oleh printer enam warna ini.

Memilih Printer Terbaik

Printer terbaik bukanlah printer yang serba lengkap dengan fitur-fitur serba memukau, melainkan printer yang punya semua fitur yang anda butuhkan dengan kualitas hasil cetak yang sesuai ekspetasi.

Namun ekspetasi juga sebaiknya tidak berlebihan, misalnya berharap printer empat warna bisa menghasilkan kualitas cetak foto secerah dan sebagus hasil cetak printer enam warna.

Demikianlah daftar rekomendasi printer terbaik untuk mencetak foto-foto beresolusi tinggi. Jangan lupa siapkan bujet yang lebih besar jika anda ingin memboyong printer enam warna.

Editor: Muchammad Zakaria

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments