• Our Partners:

10 Printer Terbaik untuk Usaha / Bisnis Percetakan, Jangan Sampai Salah!

Usaha percetakan adalah salah satu bisnis yang relatif mudah dijalankan dan memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Untuk memulainya, selain komputer, diperlukan printer yang kapasitas penyimpanan tinta dan ketangguhannya bisa melayani permintaan cetak dalam jumlah besar.

Mencari printer terbaik yang sesuai dengan ekspektasi adalah tantangan awal yang harus dihadapi oleh siapa pun yang ingin mendirikan usaha percetakan.

Untuk memudahkan anda dalam mencari, kami sediakan 10 model printer yang masing-masing memiliki spesifikasi mumpuni untuk memenuhi kebutuhan usaha percetakan.

Daftar Rekomendasi Printer yang Handal untuk Dunia Bisnis Percetakan

Besarnya modal awal yang anda miliki menjadi faktor penentu dalam memilih printer terbaik yang bisa anda jadikan sebagai tumpuan bisnis percetakan anda. Pada daftar di bawah ini anda bisa mencari solusi yang paling sesuai dengan situasi keuangan dan target pasar anda.

1. Printer Epson L3150

Printer Empat Warna Epson L3150

Biaya cetaknya yang rendah membuat Epson L3150 menjadi printer yang tergolong ekonomis sehingga cocok untuk usaha percetakan. Di Shopee Mall, satu botol tinta orisinil untuk printer ini dibandrol harga sekitar 80 ribu rupiah.

Satu botol tinta hitam bisa menghasilkan hingga 4500 halaman cetak hitam putih dan satu set botol tinta (yang terdiri dari empat botol) bisa menghasilkan hingga 7500 halaman warna.

Selain bisa diandalkan untuk mencetak berbagai jenis dokumen, printer berbodi ringkas ini tak kalah lihai dalam mencetak foto.

2. Printer Epson L14150

Printer A3+ untuk Percetakan Epson L14150

Epson L14150 merupakan printer berteknologi inkjet yang mampu mencetak pada berbagai media cetak hingga ukuran A3+ (329 mm x 483 mm). Ukuran ini lebih besar daripada ukuran A3 tetapi lebih kecil daripada A4.

Dengan printer ini, peluang usaha percetakan anda untuk mendapatkan order akan lebih besar daripada jika anda menggunakan printer A4. Yang menjadi kendala adalah harganya yang lebih mahal.

3. Printer Epson L1300

Printer Format Lebar Epson L1300

Epson L1300 juga termasuk printer format lebar yang mendukung pencetakan di atas media cetak selebar 32,9 cm x 48,3 cm sehingga order pencetakan yang bisa anda layani akan lebih bervariasi. Bahkan denah lantai pun bisa dicetak dengan printer ini.

Sistem tintanya menggunakan mekanisme pengisian ulang dengan tangki berkapasitas besar sebagai media penyimpanannya. Empat botol tinta setara dengan sekitar 5700 halaman warna, sedangkan satu botol tinta hitam memiliki kapasitas yang cukup untuk memproduksi hingga 7100 halaman hitam putih.

4. Printer Epson L805

Printer Cetak Foto Epson L805

Epson L805 lebih cocok untuk usaha percetakan yang difokuskan pada foto karena sistem tintanya menggunakan enam warna. Perpaduan enam warna ini menuntut biaya cetak yang lebih tinggi tetapi sebanding dengan hasil cetak yang lebih kaya detail.

Printer foto ini juga sudah mengantongi sertifikat Energy Star sebagai bukti bahwa konsumsi listriknya lebih irit dibandingkan dengan printer yang tidak memenuhi standar efisiensi energi.

5. Printer Epson LQ-310

Printer Irit Biaya Cetak Epson LQ-310

Bagi yang masih berstatus mahasiswa, atau bertempat tinggal di dekat kampus, Epson LQ-310 bisa menjadi printer yang handal dan irit biaya untuk memulai jasa cetak kecil-kecilan yang menyasar para mahasiswa.

Printer ini menggunakan teknologi lama tetapi penggunanya masih cukup banyak karena durabilitasnya yang tahan lama, pemeliharaannya yang lebih mudah, dan biaya cetaknya yang lebih ramah di kantong karena masih menggunakan pita cetak.

6. Printer Epson L15150

Printer Epson L15150

Bagi pemula usaha percetakan yang memiliki modal lebih, Epson L15150 adalah pilihan yang wajib untuk ditengok. Kapasitas tangki tintanya besar, terutama tangki tinta hitamnya yang 2x lebih besar daripada ketiga tangki lain, sehingga bisa mencetak lebih banyak tanpa terlalu sering mengisi ulang tangki.

Kapasitas tray kertas juga lebih besar. Ketiga tray yang dimilikinya bisa menampung hingga 550 lembar kertas. Selain itu, ukuran kertas yang bisa dijadikan sebagai media cetak pun bervariasi seperti 5 x 7 inci, 4 x 6 inci, A4, A6, Letter, B5, dan A3.

7. Printer Epson L4260

Printer Epson L4260

Jika anda berminat untuk membuka usaha percetakan sekaligus pemindaian dokumen, printer multifungsi semacam Epson L4260 menawarkan solusi hemat biaya yang penuh dengan fitur-fitur menarik.

Selain kapasitas tangki tinta hitamnya yang bisa menampung tinta 2x lipat lebih banyak, Epson L4260 menggunakan kombinasi tinta dye dan pigmen dan dilengkapi dengan kemampuan pencetakan dua sisi atau bolak-balik, Wi-Fi Direct untuk mencetak langsung melalui layar HP, garansi hingga 30 ribu halaman cetak, panel kontrol yang bisa diangkat untuk memudahkan akses, dan layar LCD untuk mengoperasikan printer.

8. Printer Epson L11050

Printer Epson L11050

Walaupun penampilannya tidak segarang beberapa model printer lain, performanya tak bisa diremehkan. Bersenjatakan print head yang mengusung teknologi PrecisionCore, Epson L11050 dapat mencetak pada media kertas hingga ukuran A3 dengan cepat.

Dalam uji kecepatan cetak yang dilakukan dengan menerapkan standar ISO 24734, rekor tertinggi yang diraih oleh printer ini adalah 5.5 ipm untuk pencetakan hitam putih dengan skor FPOT (First Page Out Time) hanya sekitar 8 detik dan 3.0 ipm untuk pencetakan warna dengan skor FPOT sekitar 12 detik.

9. Printer Canon PIXMA InkTank G1020

Printer Canon PIXMA InkTank G1020

Canon PIXMA G1020 digadang-gadang sebagai printer yang perawatannya tidak merepotkan dan biaya cetaknya ringan di kantong. Harganya pun sangat terjangkau, hanya di kisaran 1 jutaan rupiah.

Salah satu keistimewaan printer ini adalah print head yang bisa diganti sendiri oleh pengguna dengan mudah sehingga tidak perlu selalu memanggil teknisi atau mengunjungi pusat servis printer ketika ada masalah.

Kecepatan cetaknya juga cukup tinggi untuk melayani order percetakan yang besar, misalnya order cetak kartu undangan pernikahan atau label kemasan produk tertentu.

10. Printer Brother T520W

Printer Brother T520W

Performanya segarang penampilannya. Kecepatan cetak untuk halaman berukuran A4 mencapai hingga 17 ipm, sedangkan untuk warna bisa secepat 9.5 ipm.

Ada Wi-Fi yang disertai dengan Wi-Fi Direct, mendukung AirPrint dan Mopria, tray berkapasitas 150 lembar kertas, dan garansi resmi 3 tahun.

Brother T520W juga bisa dimanfaatkan untuk menerima jasa fotokopi dan pemindaian dokumen dengan menggunakan scanner yang disertakan sebagai salah satu fiturnya.

Automatic Document Feeder yang terintegrasi dengan scanner tersebut akan sangat meringankan beban anda saat harus memfotokopi atau memindai dokumen dalam jumlah besar.

Memilih Printer yang Paling Menguntungkan 

Untuk memilih printer yang terbaik untuk bisnis percetakan, sebaiknya tentukan dulu target konsumen anda. Jika target utamanya adalah mahasiswa yang kebanyakan hanya perlu mencetak dokumen teks dengan sedikit elemen grafis, tidak perlu membeli printer enam warna seperti Epson L805.

Lain halnya jika anda berniat untuk menyasar pasar yang lebih luas, misalnya masyarakat umum yang ingin mencetak foto atau pelaku usaha kecil yang membutuhkan label kemasan untuk produknya.

Anda perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli printer yang bisa memenuhi semua kebutuhan tersebut dengan baik.

Demikianlah daftar rekomendasi printer terbaik untuk mendulang rezeki di bidang usaha percetakan. Semoga bisa membantu anda yang sedang meminati bisnis tersebut.

Editor: Muchammad Zakaria

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments