• Our Partners:

10 Printer Terbaik untuk Cetak Undangan Skala Kecil dan Besar

Pada dasarnya hampir semua printer yang didesain untuk ditaruh di atas meja bisa digunakan untuk mencetak kartu undangan, tetapi tipe printer yang dianjurkan adalah printer inkjet yang menggunakan sistem tinta isi ulang atau yang juga dikenal dengan istilah printer infus.

Alasannya, ditinjau dari hasil cetaknya, printer inkjet pada umumnya bisa menyuguhkan warna-warna cetak yang lebih kaya daripada printer laser. Ditinjau dari biaya cetaknya, printer infus lebih irit daripada printer yang menggunakan cartridge.

Di antara semua printer tersebut, printer manakah yang terbaik untuk mencetak undangan pada berbagai tipe kertas undangan? Tidak perlu mencari kesana kemari karena disini sudah kami kumpulkan 10 printer yang memiliki spesifikasi-spesifikasi mesin yang sangat kompetitif.

Daftar Rekomendasi Printer untuk Cetak Berbagai Kartu Undangan

Semua printer di bawah ini memiliki satu kesamaan, yaitu sama-sama menggunakan sistem tinta infus. Rata-rata printer infus lebih mahal daripada printer berbasis cartridge, tetapi biaya cetak yang lebih hemat membuat printer infus lebih populer.

Jika harga printer dan semua biaya cetak dihitung secara total dari awal hingga masa akhir printer, pada umumnya biaya kepemilikan printer infus lebih rendah. Apa saja printer infus yang paling mantap untuk membuat kartu undangan? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

1. Printer Epson L3210

Printer Epson L3210

Dibandrol pada harga 2 jutaan, printer multifungsi Epson L3210 dilengkapi dengan mesin cetak yang tangguh dan kapasitas penyimpanan tinta yang cukup untuk mencetak ribuan kartu undangan.

Harga tintanya lebih terjangkau karena tidak menggunakan cartridge. Print head yang digunakannya juga tidak mengandalkan panas untuk mencetak sehingga biaya operasional printer pun lebih irit.

Dari hasil uji kecepatan yang didasarkan pada spesifikasi ISO 24734, kecepatan cetak printer empat warna ini adalah sekitar 10 ipm untuk cetak monokrom dan 5 ipm untuk cetak warna.

2. Printer Epson L3110

Printer Epson L3110

Fungsi utamanya sama seperti Epson L3210, yaitu mencetak, memfotokopi, dan memindai dokumen. Tetapi, harganya secara umum sedikit lebih murah. Jika ada toko yang menjualnya lebih mahal daripada L3210, lebih baik cari toko lain karena Epson L3110 adalah tipe printer yang hadir sebelum L3210 dengan spesikasi yang mirip.

Biarpun lebih murah, printer infus ini juga bisa mencetak ratusan kartu undangan tanpa interupsi berkat tangki tintanya yang berkapasitas tinggi dengan kecepatan yang tidak kalah gegas.

3. Printer Epson L120

Printer Epson L120

Berbeda dengan kedua printer di atas, Epson L120 adalah printer satu fungsi. Dengan kata lain, printer ini tidak bisa mencetak karena tidak memiliki scanner. Resolusi cetaknya pun lebih rendah, yaitu 720 x 720 dpi saja. Sisi positifnya, harga lebih ramah, yaitu di kisaran 1 jutaan.

Seperti printer infus pada umumnya, printer berukuran 461 x 215 x 130 mm ini dibekali wadah penyimpanan tinta yang dapat mencukupi kebutuhan cetak sebanyak ratusan atau bahkan ribuan kartu undangan (tergantung pada desain kartu).

Untuk kartu undangan yang desainnya hanya meliputi teks dengan sedikit polesan grafis, satu set tinta mungkin cukup untuk mencetak sekitar 4000 hingga 5000 kartu (dengan asumsi printer tidak mengalami masalah yang membutuhkan konsumsi tinta di luar perawatan printer dan pencetakan).

4. Printer Epson L1216

Printer Epson L1216

Epson L1216 termasuk unit print-only, yaitu printer tanpa scanner. Tangkinya yang agak transparan dan lokasinya yang ada di depan memungkinkan anda untuk mengecek status tinta secara langsung dan mengisi ulang tinta dengan mudah.

Resolusi cetak maksimalnya tinggi, yaitu 5760 x 1440 dpi. Kecepatan cetaknya, ketika diuji pada kertas A4 dalam mode Draft, adalah 33 ppm untuk cetak monokrom dan 15 ppm untuk pencetakan yang menggunakan semua warna tinta. Cetak borderless juga bisa asalkan ukuran medianya tidak lebih dari 4 x 6 inci.

5. Printer CANON PIXMA G1010

CANON PIXMA G1010

Mencetak undangan tidak harus menggunakan printer mahal. Yang 1 jutaan pun, seperti Canon G1010, juga bisa menghasilkan kualitas cetak yang mantap dalam periode waktu yang sangat kompetitif di kisaran harganya. Tapi, dengan harga serendah itu, fitur-fiturnya memang terbatas. Contohnya, resolusi cetak maksimalnya tak lebih dari 4800 x 1200 dpi.

Yang menarik, sistem tintanya terdiri dari tinta pigmen dan dye. Canon mengklaim bahwa perpaduan dua jenis tinta tersebut dapat menghasilkan kualitas cetak yang lebih menawan.

6. Printer Epson EcoTank L1210

Printer Epson L1210

Hadir untuk bersaing di rentang harga 2 jutaan rupiah, dengan kecepatan cetak dan kapasitas tinta yang tinggi, Epson L1210 menjadi kandidat yang menjanjikan untuk digunakan sebagai solusi pencetak undangan yang tidak membuat kantong jebol.

Kartu undangan apa pun bisa dicetak dengan cepat berkat print head Piezoelectric yang memiliki lebih dari 400 nozzle. Bahkan nilai FPOT, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan hasil cetak pertama pada saat printer dalam mode Ready, hanya sekitar antara 10 hingga 16 detik.

7. Printer Epson EcoTank L3256

Printer Epson L3256

Epson L3256 didesain untuk mencetak sebanyak dan secepat mungkin dengan biaya cetak yang serendah mungkin. Tak butuh waktu lama bagi printer yang sarat dengan warna putih ini untuk memuntahkan ratusan kartu undangan dari dalam mesinnya.

Berkat dukungannya terhadap jaringan Wi-Fi, Epson L3256 tidak butuh kabel untuk mencetak dan tidak selalu tergantung pada PC. Dan karena Wi-Fi Direct juga didukung, pencetakan masih bisa dilakukan via HP meskipun jaringan Wi-Fi sedang mengalami masalah.

8. Printer Canon PIXMA G1730

Printer Canon PIXMA G1730

Bagi peminat printer yang bujetnya tidak mencapai 2 juta rupiah dan lebih memilih merek Canon, coba tengok Canon PIXMA G1730. Ada beberapa toko online di sejumlah marketplace yang menjualnya di bawah 1 juta 500 ribu rupiah.

Printer infus yang satu ini menggunakan 1792 nozzle yang dapat menumpahkan tetes-tetes tinta pada kertas dengan kecepatan antara 6 hingga 11 ipm untuk menghasilkan output yang resolusi cetaknya bisa dimaksimalkan hingga 4800 x 1200 dpi.

9. Printer Epson EcoTank L4260

Printer Epson L4260

Butuh printer infus yang bisa mencetak undangan dengan metode cetak bolak-balik tanpa harus membalik media cetak dengan tangan? Dengan fitur Auto Duplex yang dimilikinya, Epson EcoTank L4260 siap mengerjakannya untuk anda.

Di bagian depannya ada panel kontrol yang memiliki engsel sehingga bisa ditarik dan didorong untuk mencari sudut pandang yang pas, dan pada panel tersebut ada satu layar LCD yang dikelilingi tombol-tombol. Dengan memanfaatkan Wi-Fi (atau Wi-Fi Direct) dan layar tersebut, printer bisa dioperasikan secara langsung tanpa PC.

Dengan semua kenyamanan yang ditawarkannya, tidak heran kalau harganya lumayan mahal, yaitu di kisaran 3 jutaan rupiah.

10. Printer Epson L121

Printer Epson L121

Tak hanya biaya cetaknya yang relatif rendah, tingkat konsumsi listriknya pun bisa membantu anda dalam berhemat karena Epson L121 tidak membutuhkan energi panas dalam proses pencetakannya berkat sebuah teknologi yang dinamakan Epson Heat-Free Technology.

Printer ini harga resminya sebesar 1 juta 780 ribu rupiah, jadi tergolong murah untuk tipe printer entry-level yang menggunakan sistem tinta tangki. Tapi, tangkinya ada di samping, jadi pengecekan status tintanya tidak senyaman printer-printer lain yang tangkinya di depan.

Tipe Printer yang Tidak Direkomendasikan untuk Cetak Undangan

Setiap acara besar seperti pernikahan dan ulang tahun pasti membutuhkan banyak kartu undangan yang perlu dicetak. Oleh karena itu sebaiknya jangan menggunakan printer berbasis cartridge, apalagi cartridge ganda yang isinya lebih dari satu warna. Printer yang demikian sangat boros biaya cetaknya dan hanya dianjurkan untuk pengguna rumahan yang jarang mencetak.

Demikianlah daftar printer terbaik yang bisa anda jadikan sebagai referensi dalam memilih solusi cetak kartu undangan yang paling sesuai dengan bujet dan kebutuhan anda. Semoga membantu.

Editor: Muchammad Zakaria

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments