• Our Partners:

MariaDB

Download MariaDB Logo Developer: MariDB Foundation
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 74MB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteloadingLoading...



MariaDB merupakan sistem manajamen yang berbasis data rasional yang dibuat berdasarkan MySQL. Ini adalah aplikasi yang sudah lama digunakan secara luas di dalam pengolahan data serta punya beragam fitur yang membuatnya punya beberapa kelebihan.

Sudah banyak yang menggunakan MariaDB dan memang aplikasi ini bisa diandalkan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti pembahasan berikut.

Fitur dan Keunggulan MariaDB

Download MariaDB Terbaru

Beberapa fitur menarik yang dimiliki MariaDB antara lain:

1. Open Source & Kompabilitas

MariaDB adalah software bersifat open source. Itu artinya, kode sumbernya tersedia dengan bebas untuk kamu kembangkan serta modifikasi. Itulah yang membuat banyak komunitas melakukan pengembangan serta modifikasi terhadap aplikasi ini.

Hal tersebut juga menghadirkan fleksibilitas secara lebih baik. Kamu dapat menyesuaikan MariaDB dengan berbagai kebutuhan. Selain itu, aplikasi ini juga kompatibel secara penuh dengan MySQL untuk hak fungsionalitas dan sintaks, memungkinkan migrasi dari MySQL menuju MariaDB dapat kamu lakukan secara mudah.

2. Performa Lebih Baik

Jika membandingkannya dengan MySQL, aplikasi MariaDB menawarkan beragam peningkatan pada aspek performa. Menghadirkan mesin penyimpanan baru secara lebih efisien serta beragam optimasi terhadap kinerja kueri yang menjadikan MariaDB dapat meningkatkan jumlah data secara lebih besar dan cepat.

Aplikasi ini juga mempunyai fitur berupa Thread Pooling yang akan membantu memaksimalkan penggunaan CPT terhadap sistem multithreading. Dengan begitu, performa pada server akan meningkat, sekali pun memiliki beban yang tinggi.

3. Keamanan Lebih Baik

MariaDB terus melakukan peningkatan pada bagian keamanan melalui patch rutin. Menyediakan perlindungan secara lebih baik terhadap berbagai ancaman. Ada fitur bernama Encryption at Rest yang memastikan data bisa tersimpan pada basis data yang terlindungi dengan enkripsi.

Kamu juga bisa menerapkannya pada semua tabel maupun hanya di bagian tertentu. Terdapat juga dukungan pada User Role untuk para administrator dalam memberi hak akses secara lebih spesifik serta terkendali pada pengguna, sehingga dapat meningkatkan manajemen security data.

4. Replikasi & High Availability

MariaDB juga mendukung beragam model replikasi sehingga memungkinkan salinan data terhadap beberapa server. Ada juga Synchronous Replication, Asynchronous Replication, serta replikasi berbagai master yang menjadikan MariaDB cocok untuk aplikasi yang membutuhkan ketersediaan tinggi.

Replikasi tersebut akan memastikan data teap konsisten pada beberapa server. Ketika muncul kegagalan server, data masih tetap dapat kamu akses lewat server lainnya.

Download MariaDB Terbaru

Melalui fitur-fitur di atas, aplikasi MariaDB merupakan pilihan tepat untuk aplikasi yang memerlukan basis data andal dan aman. Aplikasi ini bersifat open source sehingga memungkinkan setiap pengguna melakukan pengembangan dan modifikasi sesuai kebutuhan. Masih banyak hal menarik lainnya yang akan kamu temukan di dalamnya. Download MariaDB terbaru melalui link di bawah ini:

Editor: Muchammad Zakaria

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Nesabamedia.com:

Berita Terkini Seputar Teknologi

Kumpulan Tutorial Terbaru

Rekomendasi Produk Terbaik

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments