State Machines Diagram merupakan diagram yang digunakan untuk menggambarkan adanya perubahan maupun transisi keadaan (dari status yang satu ke status yang lainnya) terhadap objek yang ada pada program. Hal ini merupakan akibat dari adanya stimulan yang diterima.
State Machines Diagram nanti akan digunakan untuk membuat model dari sebuah behaviour atau metode kelas maupun objek. Setelah itu akan dibuatkan sebuah urutan dari kejadian status yang telah dilewati oleh objek tersebut, termasuk juga transisi antara satu status ke status yang lainnya.
Diagram status juga menggambarkan semua status atau state yang memberikan akses agar objek-objek di dalam class tersebut serta kejadian apa saja yang dapat memicu terjadinya perubahan status.
Sebuah transisi bisa memiliki aksi yang nanti akan disalurkan ke status untuk memberikan gambaran secara lebih spesifik mengenai tindakan apa yang perlu dilakukan berkaitan dengan hubungan status tersebut. Sebuah status merupakan kondisi dari objek maupun interaksi selama masih memenuhi kondisi, menunggu kejadian, maupun menjalankan aksi.
Simbol Pada State Machines Diagram
State Machines Diagram memiliki beberapa simbol yang perlu Anda pahami agar bisa menggunakannya dengan baik sesuai ketentuan.
- State: simbol State Machines Diagram yang memiliki bentuk seperti persegi panjang dengan sudut yang membulat serta mempunyai nama berdasarkan kondisi sekarang ini. Notasi atau simbl ini berguna untuk menggambarkan beberapa kondisi apakah akan melakukan kegiatan atau menunggu event
- Transition: sebuah simbol yang digunakan untuk menggambarkan hubungan yang terjadi antara dua state di mana state yang pertama melakukan tindakan khusus serta memasuki state yang kedua ketika terjadinya peristiwa tertentu serta kondisi yang akan dipenuhi
- Start: merupakan titik awal yang digunakan untuk memberikan gambaran seputar awalan dari suatu kejadian di dalam diagram
- End: merupakan titik akhir yang digunakan untuk menjelaskan maupun memberikan gambaran mengenai akhir dari suatu kejadian yang ada di dalam State Machines Diagram
- Guard: merupakan sebuah syarat dari transisi yang ada
- Point: merupakan simbol dari State Machines Diagram yang digunakan untuk memberikan gambaran apakah akan tergolong ke dalam entery point atau masuk ke dalam kategori exit point
- Event: simbol State Machines Diagram yang memberikan gambaran tentang kondisi yang mengakibatkan terjadinya sebuah status.
Contoh State Machines Diagram
Seperit yang Anda lihat, contoh di atas merupakan gambaran dari State Machines Diagram mengenai objek produk. Sistem tersebut dimulai dengan merchant yang menginput data produk. Setelah itu, state akan mulai berubah menjadi sebuah data produk yang telah terupload. Kemudian merchant akan menyimpan data produk dan selanjutnya sistem akan mulai merespon dengan adanya laporan yang menunjukkan data sudah berhasil disimpan.
Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com: